Pembukaan
Seorang service bertanggung jawab terhadap kenyamanan pelanggan selama berada di cafe kita, selain itu service sebagai garda terdepan di restoran.
Berikut Adalah Beberapa Tanggung Jawab Service
- Tanggung jawab service pada pelanggan
Memberikan pelayanan excellent pada tamu restoran
Menjelaskan produk atau menu yang di kita milikin kepada customer, serta memberikan rekomendasi pada pelanggan jika di butuhkan
Mendengarkan keinginan customer jika ada masukan yang positif
Membantu untuk melakukan upselling produk
Membantu cafe mengatasi kritik dari pelanggan
- Tanggung jawab pada outlet dan rekan kerja
Menjaga kebersihan outlet, kerapihan outlet dan memastikan untuk outlet dalam keadaan harum dan tidak berbau yang kurang
Bertanggung jawab dalam menjaga alat" pendukung servis dalam melakukan pekerjaan
Memiliki rasa empati dan peduli terhadap rekan kerja
Bertanggung jawab atas kebersihan diri sendiri, dan tanggung jawab atas tugas yang harus di selesaikan
Tugas service
Berikut beberapa tugas seorang service
Menyiapkan meja untuk tamu yang datang
Menyambut tamu yang datang dengan ramah agar pelanggan merasa diutamakan
Mengantarkan tamu yang datang ke meja
Menyiapkan menu dan menyampaikan informasi mendetail ketika di tanya
Memberitahu tamu tentang menu spesial di hari itu
Menyajikan makanan dan minuman yang dipesan oleh tamu
Memastikan makanan yang di pesan tamu telah sesuai
Memastikan restoran tetap bersih baik sebelum, selama, dan sesudah operasional
Memastikan semua barang-barang kembali ke tempatnya seperti buku menu, dan lain-lain dalam keadaan bersih.
Memberikan solusi terhadap kendala pelanggan sampai tuntas.
Skills yang diperlukan service
Skill esensial yang wajib dikuasai oleh service adalah:
Komunikasi yang efektif
Mampu menyampaikan informasi verbal dan tertulis yang mudah dipahami oleh pelanggan, terutama saat menjelaskan menu makanan dan minuman.
Kemampuan mendengarkan
Memiliki skills mendengar yang baik membantu memahami pesanan yang di sampaikan oleh tamu, sehingga tidak terjadi kesalah pahaman.
Problem solving skill
Kemampuan untuk mengidentifikasi masalah dan mencari solusi yang memuaskan bagi pihak restoran serta tamu.
Dinamis & Mampu Mengendalikan Tekanan Tinggi
Cepat beradaptasi disegala situasi dengan tenang sembari memenuhi standar yang berlaku setiap saat.